Dengan demikian, mental adalah hal-hal yang mempunyai keterkaitan dengan kejiwaan yang bisa mempengaruhi setiap individu. Setiap perilaku ataupun ekspresi gerak-gerik yang merupakan dorongan dan merupakan sebuah cerminan dari sebuah kondisi mental.

Setiap orang mempunyai sebuah kekuatan yang bersumber dari dirinya sendiri. Kekuatan tersebut yang membuat unik, berbeda, dan kreatifitas yang tinggi. Banyak orang tidak mengenali potensi apa yang terdapat pada dirinya. Untuk mengenali diri sendiri maka diperlukanlah tekad yang kuat, yang ingin berubah, percaya, dan yakin untuk berubah.

Baca Juga: 4 Fitur Unik Google

Mengenali potensi dan mengembangkan secara lebih optimal dalam hidup adalah sebuah keyakinan dasar dalam membangun perkembangan diri. Untuk itu, pengembangan diri yang sukses memerlukan sebuah kesadaran untuk memotivasi diri yang kuat agar berubah menjadi yang lebih baik.

Untuk mengembangkan diri agar menjadi individu dan disukai banyak orang. Banyak manfaat tertentu diantaranya, harus mengenali diri sendiri, dengan melakukan pengenalan diri. Maka kita akan dapat diperoleh informasi yang akurat dan lebih lengkap tentang diri kita, misalnya mulai dari :

– Mencari tahu apa kelebihan yang ada di diri kita.

– Kebutuhan apa yang harus dipenuhi.

– Keunikan apa saja yang dimiliki

– Kekurangan apa saja yang ada di diri kita.

Dalam konteks budaya, untuk menghadapi globalisasi budaya, dapat dilakukan dengan menyeleksi pengaruh budaya luar yang masuk ke Indonesia. Bagi unsur budaya yang sesuai dengan budaya asli yang dipakai, sedangkan yang bertentangan dengan budaya asli Indonesia yang dihilangkan.

Dalam konteks ini sudah terlihat jelas bahwa seseorang harus bisa mempertahankan apa yang sudah di anutnya dari lahir. Dalam konteks Teknologi dan Komunikasi, di era globalisasi ini sekarang masyarakat di mudahkan dengan adanya perkembangan komunikasi melalui jaringan internet, dengan jaringan internet kita dapat mengakses seluruh informasi yang ada baik dalam negeri maupun di luar negeri dan pertukaran informasi antar negara pun akan lancar, tetapi disisi lain dalam konteks ini masyarakat akan bersikap individualistis.

Maka masyarakat khususnya para pemuda harus memiliki sebuah potensi dan pikiran yang luas agar tidak ikut berkecimpruk dalam perkembangan negatif dari globalisasi. Sebagai ikhtiar untuk mengoptimalkan peran dan sinergi para pemuda dalam membangun mental yang kuat dalam menghadapi persaingan global, maka melalui kegiatan ini akan didapatkan solusi alternatif pemecahan masalah perkembangan mental dalam pergaulan internasional.

Dari banyaknya penulisan studi kasus yang ada diatas tersebut, kita juga harus mengetahui dengan benar bahwa tujuan dan juga manfaat yang diharapkan oleh studi kasus adalah guna mengkaji semua peristiwa yang mempunyai sifat kontemporer yang ada di dalam sistem pengaturan mengenai kehidupan tertentu.

Selain itu terdapat manfaat lain dari adanya metode studi kasus yaitu guna memudahkan penelitian yang dilakukan. Dimana hal tersebut mengenai teknik pengumpulan data, kelompok dan bahkan presentasi data yang juga diberikan di dalam studi kasus yang tidak terlalu sulit untuk dipahami.

Demikian Informasi yang kami berikan mengenai apa itu studi kasus, jenis serta contohnya, semoga dapat membantu kalian semua yang membutuhkan info mengenai studi kasus penelitian dan lain sebagainya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *