? Menggunakan celengan untuk menabung. Berikan anak tempat untuk menyimpan uang dengan bentuk atau gambar tokoh kartun favoritnya. Ajari ia agar menyisihkan sebagian uang yang diterimanya untuk ditabung. Setelah celengan penuh, buka dan hitung bersama. Jika perlu, belilah celeng an besar yang terbuat dari tanah liat. Pasti anak sangat senang menabung, apalagi saat memecahkan celeng an dan menghitung bersama jumlah uang yang sudah ditabung.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

? Ajak anak pergi ke bank dan ATM. Jelaskan apa saja yang bisa kita lakukan di bank dengan bahasa lebih sederhana, sehingga ia bisa memahami fungsi bank itu apa. Melalui aktivitas-aktivitas di atas, si prasekolah dapat melihat dan mengenal bahwa ternyata uang dapat disimpan, dihabiskan, dan dibagi. Anak juga perlu paham sekali uang dipakai, maka ia akan ‘habis.’ Habis berarti jumlahnya tidak lagi sama, atau ada barang/jasa yang diperoleh dan dinikmati.

Memang anak tak akan serta merta paham, tetapi kita tetap bisa memperkenalkannya agar ia terpapar informasi tentang uang sejak dini. Setelah mengenal uang, anak semakin mengerti kegunaan uang. Anak juga belajar menahan keinginan untuk langsung membeli sesuatu lewat pengenalan konsep menabung. Selain itu, anak juga harus belajar konsep hitungan, misalnya dengan memberikan sejumlah uang untuk membeli sesuatu jika uang berlebih ia akan menerima kembalian. Setiap kegiatan pengenalan uang sebaiknya dilakukan dengan sederhana dan tidak rumit. Jadikan waktu bermain sambil belajar ini sebagai momen yang menyenangkan. Lakukan singkat saja.

Rentang perhatian pada anak prasekolah masih terbatas, jika kita terlalu lama dan teoritis dalam hal bicara tentang uang, malah pesan yang ingin kita sampaikan tidak dapat dipahami anak. Satu hal yang pasti, anak belajar akan tentang uang dari kita sebagai orang tua. Anak meniru semua yang kita katakan dan lakukan. Jadi, jika kita terbiasa belanja semua barang yang kita inginkan, bukan tak mungkin anak menirunya. Maka, percuma jika kita ingin anak menabung sementara kita sendiri tidak juga menabung. Be a good role model, itu kunci utamanya.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *