Selain itu, mamil di trimester awal, khususnya yang mengalami morning sickness, bisa mengalami masalah pada gigi. Pasalnya, keasaman yang terbawa dari lambung saat muntah dapat menyebab kan email pada gigi melemah. Sama hal nya dengan mamil yang ngidam makanan asam dan manis, yang dapat melemahkan email gigi.

“ program magang ke Jepang gratis untuk lulusan SMK/SMA “ ~upstory.org~

Jika email gigi rapuh, lubang atau karies gigi gampang terbentuk. Jadi, sekalipun sebelum hamil kondisi gusi dan gigi sepertinya baik-baik saja, Mama tetap dianjurkan memeriksakan diri ke dokter gigi guna memastikan tidak ada masalah. Selain tentunya rutin periksa hamil dengan dokter obgin, ya, Ma. Ciri mulut dan gigi yang sehat adalah gigi terbebas dari plak, karang gigi, dan lubang. Selain itu, gusi berwarna merah muda, tidak bengkak, dan napas pun segar.

Masa Kehamilan Yang Berisiko

Jika paparan influenza terjadi pada masa pertengahan pertama kehamilan (trimester 1 dan 2), maka risiko terjadinya skizofenia meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan mamil yang tidak terjangkit Virus influenza. Risiko ini akan meningkat tujuh kali lebih besar jika penularan terjadi pada masa trimester 1. Namun, jika influenza terjadi pada masa pertengahan kedua kehamilan (trimester 2 dan 3), maka risiko skizofrenia sudah tidak ada.

Jadi ingat, masa awal kehamilan sampai pertengahan adalah masa paling berisiko terhadap terjadinya skizofrenia apabila mamil mengalami influenza. Sedangkan risiko terjadinya gangguan bipolar meningkat hampir empat kali lipat dibanding mamil yang tidak menderita influenza, berapa pun usia kehamilannya.

Risiko gangguan bipolar dengan gejala psikosis (gejala yang terdiri atas sejumlah gangguan mental, termasuk gangguan suasana hati dan gangguan kepribadian, skizofrenia, halusinasi, delusi, katatonia, dan penyalahgunaan zat) akan meningkat lima kali lipat pada mamil yang menderita influenza. :Wlaupun virus influenza dapat menular sejak masa sesaat sebelum kehamilan (prakonsepsi), belum ada penelitian yang dapat membedakan terjadinya skizofrenia ataupun bipolar akibat paparan inIeksi influenza pada masa prakonsepsi dengan paparan inIeksi influenza pada masa kehamilan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *