Internet Gegas Demi Melejitkan Ekonomi Indonesia bersama fin888

Internet Gegas Demi Melejitkan Ekonomi Indonesia bersama fin888 – Jika dulu pertumbuhan ekonomi suatu negara bertumpu pada sektor migas, kini negara dengan konektivitas informasi terbaiklah yang menempati posisi teratas ekonomi dunia. Untuk mengejar ketertinggalan terkait koneksi pita lebar, Oktober lalu pemerintah menelurkan dokumen Rencana Pitalebar. M enurut OECD seperti dikutip dari KP3EI, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan ekonomi per tahun negara yang broadband-nya berada di urutan lima teratas lebih tinggi 2,2% dari negara di urutan lima terbawah. Untuk itu, pemerintah lantas berambisi membangun jejaring pita lebar di seantero nusantara.

Rencana yang sudah digaungkan pada 1998 dan tertunda hingga sebelas tahun setelahnya. Pada Oktober 2014 lalu, pemerintah meresmikan dokumen Rencana Pitalebar Indonesia (RPI). Dokumen yang berisi peta jalan menuju Indonesia yang terkoneksi dengan Internet kecepatan tinggi. Meski berisi peta jalan penyelenggaraan broadband Indonesia, dokumen ini muncul belakangan setelah jaringan pita lebar mulai direncanakan dan dikerjakan. Jika program ini telah berjalan, pemerintah menargetkan seantero Indonesia sudah bisa menikmati kecepatan internet 20Mbps untuk pelanggan fixed line (serat optik) di rumah, 1Gbps untuk gedung, dan 1Mbps untuk pelanggan selular pada 2019. Sebab selama ini, Internet cepat hanya dinikmati mereka yang ada di daerah urban, pulau Jawa khususnya.

Demi keadilan dan pemerataan kesejahteraan bagi saudarasaudara kita di daerah rural dan luar Jawa, maka inisiatif ini patut kita dorong bersama. RPI ini jadi bagian rencana pembangunan jangka panjang demi menggolkan rencana ambisius pemerintah untuk memasukkan Indonesia menjadi 25 besar ekonomi dunia pada 2025. Untuk mengenal lebih jauh mengenai rencana ambisius ini, menyajikannya dalam empat tulisan berikut. Tulisan pertama, Dari Nusantara 21 Hingga Palapa Ring menjelaskan soal pembangunan Palapa Ring, jaringan fiber optik yang menjadi dasar terselenggaranya RPI.

Selanjutnya jika kita sudah dapat akses Internet cepat apa yang bisa kita lakukan dengan jaringan ini. Ulasan ini dibahas dalam artikel Internet Ngebut dan Artinya untuk Kita dan Produktif dengan Internetmu. Kita melihat bahwa sebenarnya beberapa pemerintah kota atau kabupaten sudah memulai inisiatif e-government mereka demi menuju smart city. Ulasan ini dibahas dalam artikel terakhir berjudul Perintis Pemerintahan Cerdas Menuju Smart City.

Sumber : https://net89.net/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *