Lembar Jawaban Komputer Open Sorce Ala Autotrade Gold – Berkat sistem informatika biaya pembuatan lembar jawaban komputer yang mahal dapat ditekan semurah mungkin. Bagaimana caranya? akan memberikan panduannya dalam ulasan ini. Membuat dan memeriksa hasil ujian pilihan ganda merupakan suatu hal yang tidak mudah. Sekarang ini proses tersebut telah dipermudah dengan adanya sistem informatika.

Pengguna an Lembar Jawab Komputer (LJK) merupakan salah satu solusi yang mudah. Hanya saja saat ini LJK masih mahal, karena mayoritas program pembuatan LJK berbayar. Pada awal perkembangan LJK, alat maupun kertas yang dapat di gunakan untuk membaca hasil ujian harus memiliki spesifikasi khusus. Teknologi yang digunakan untuk membaca jawaban di atas LJK dikenal dengan teknologi OMR (Optical Mark Reading). Carakerja OMR pun beragam. Prinsip kerja awalnya adalah, alat tersebut akan memancarkan sinar pada kertas, yang kemudian membandingkan daya pantul suatu area di kertas dengan lokasi lain. Karena area yang telah diisi akan memantulkan cahaya yang lebih sedikit dibanding area yang kosong.

Beberapa alat OMR lainnya menggunakan LJK yang dicetak pada kertas tembus cahaya dan akan diukur jumlah cahaya yang melewati kertas. Tanda pada kertas akan mengurangi jumlah cahaya yang lewat. Kedua jenis alat OMR khusus tersebut biasanya memiliki harga yang sangat mahal, sehingga hanya cocok untuk istitusi dengan budget besar. Berbeda dengan OMR khusus yang biasanya sudah termasuk dengan alat OMR. OMR desktop dapat digunakan untuk membuat LJK apa pun, kemudian dicetak, dan diisi, selanjutnya diperiksa dengan scanner gambar rumahan atau kantoran biasa yang berharga lebih murah.

Namun, karena menggunakan scanner biasa, software yang digunakan pun harus menyesuaikan. Dalam mengembangkan software ini penulis menggunakan scanner rumahan yang berharga murah. Scanner pertama yang penulis gunakan adalah printer multifungsi Canon MP160 yang memiliki scanner tipe flatbed. Printer ini memiliki harga yang terjangkau. Pada tahun 2004 printer ini dapat diperoleh dengan harga Rp. 700.000. Sayangnya, saat ini printer tersebut sudah tidak tersedia lagi dan digantikan oleh banyak printer multifungsi sejenis yang setipe.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a comment

Your email address will not be published.