MULUT TERASA ASAM. Kondisi mulut yang asam akan menimbulkan bau tak sedap. Masalah ini biasanya dialami oleh mamil yang kadar air liurnya meningkat serta sering muntah (morning sickness). Suasana rong ga mulut yang asam membuat kuman dan bakteri mudah bersemayam sehingga berpotensi memicu masalah gigi dan mulut.

Baca juga : ausbildung jerman

MEMBAHAYAKAN KEHAMILAN Meski tak nyaman, semua keluhan tersebut sebenarnya tergolong normal dan berangsurangsur akan hilang setelah Mama melahirkan si kecil. Meski begitu, sangatlah penting bagi Mama untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut agar keluhan tak bertambah parah, yang pada akhir nya dapat membahayakan pertumbuh an janin. Sayangnya, banyak mamil ragu untuk memeriksakan dirike dokter gigi saat mengalami sakit gigi atau keluhan lain di area mulut. Mereka takut tindakan perawatan atau peng obatan yang dilakukan dokter gigi akan membahayakan kandungan.

Padahal, membiarkan keluhan berlanjut justru berisiko, lo, Ma. Rasa sakit yang tak kunjung hilang akan membuat Mama stres, tidak nafsu makan, belum lagi bakteri yang terdapat di mulut dapat bertambah banyak. Semua ini sungguh berisiko bagi janin. Masalah gigi berlubang atau gusi meradang, jika tak lekas di atasi berisiko menimbulkan periodontitis atau infeksi pada jaringan penyangga gigi. Yang termasuk dalam jaringan penyangga gigi, yaitu gusi, tulang yang membentuk kantong tempat gigi berada, dan ligamen periodontal (jaring an ikat yang mengikat gigi pada kantongnya, berfungsi sebagai media peredam antara gigi dan tulang).

Kuman dan bakteri yang menginfeksi jaringan penyangga gigi dapat masuk ke peredaran darah dan menyebar ke organ tubuh mamil yang lain, termasuk ke dalam kandungan. Menurut berbagai studi, periodontitis meningkatkan risiko terjadinya berbagai komplikasi pada kehamilan seperti: keguguran, preeklamsia (hipertensi dalam kehamilan), persalinan prematur (kurang dari 37 minggu), dan bayi berat lahir rendah (di bawah 2.500 g). Maka itu, Ma, bila meng alami keluhan pada gigi dan mulut di trimester pertama ini, segeralah periksakan diri ke dokter gigi. Tenang saja, dokter akan memilih jenis tindakan perawatan dan penyem buhan yang paling realistis sekaligus aman bagi kehamilan. Jadi, jangan takut lagi, ya, Ma.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a comment

Your email address will not be published.