IELTS menjadi momok yang menakutkan bagi banyak pihak, terutama akademis. Soal-soal dalam tes uji Bahasa Inggris tersebut memang memiliki tingkat kesulitan yang tinggu. Tapi bukan tidak mungkin untuk kita pelajari dan kuasai.

Oleh sebab itu kita membutuhkan motode belajar yang benar agar bisa menguasai setiap materi dan berhasil mendapatkan hasil dan skor tertinggi.

” berikut adalah rekomendasi tempat kursus IELTS terbaik di Jakarta” – https://avanaeducation.com/

Tips Belajar untuk IELTS

Dengan mengetahui cara belajar yang tepat, maka kamu bisa menuai hasil maksilam. Dan berikut ini adalah beberapa metode belajar yang benar untuk mendapatkan skor tinggi:

  1.   Mendengarkan

Dalam tes ini, kamu tidak hanya akan mengerjakan soal saja, tapi juga mendengarkan. Di sesi listening, kamu akan menjawab 10 pertanyaan yang harus kamu kerjakan dalam waktu 30 menit saja.

Kalau kamu tidak belajar listening dari sekarang, kamu akan kesusahan mengerjakan bagian ini. Listening bisa dilakukan dengan sering mendengarkan percakapan dan audio berbahasa Inggris.

  1.   Membaca

Di bagian reading, ada 40 pertanyaan yang harus kamu jawab. Soal IELTS terkenal sulit dan susah dimengerti, apalagi untuk mereka yang tidak terbiasa dengan bahasa Inggris. Untuk membaca, kamu bisa melakukannya mandiri atau mendaftar di les khusus agar lebih maksimal.

  1.   Menulis

Bagian selanjutnya adalah menulis atau writing. Di bagian ini kamu akan menulis sesuai dengan petunjuk yang tersedia. Agar lebih mudah, kamu bisa membuat mind map terlebih dahulu, sehingga tidak sulit untuk mengembangkan ide pokoknya.

Selain ketiga tips di atas, kamu juga harus memperbaiki bagian speaking atau berbicara yang kamu miliki. Kamu nantinya akan diminta menjawab 3 pertanyaan yang harus kamu jawab dalam kurun waktu 10-15 menit.

Karena itu, untuk mendapatkan nilai yang baik, setiap aspek tersebut harus kamu perbaiki dengan baik. Belajar untuk tes ini juga lebih panjang dibandingkan dengan tes Bahasa Inggris lainnya.

Berapa Skor IELTS Paling Tinggi

Skor yang paling tinggi untuk tes ini adalah 9, nilai teringgi ini juga memiliki nama lain expert level atau level yang paling tinggi. Sedangkan nilai paling rendah adalah 1, yang banyak orang sebut dengan istilah sebagai non user atau bukan pembicara.

Dengan berbagai tips tersebut, kamu yang tertarik untuk mengikuti tes IELTS ada baiknya belajar dari sekarang. Sehingga nilai yang kamu dapatkan bisa sesuai dengan keinginan.

Leave a comment

Your email address will not be published.