Ingin melanjutkan kuliah keluar negeri memang tak semudah dan seindah kita bayangkan. Karena, ada banyak sekali proses dan syarat penting kamu perlu lalui. Seperti, lolos tes GRE. Nah, pasti kalian baru banget kan mendengar istilah tersebut.

baca juga : rekomendasi tempat kursus GRE di Jakarta terbaik

Ternyata pengujian tersebut merupakan syarat utama loh bagi kamu yang ingin lanjut studi keluar negeri. Jadi, kita harus pahami betul apa sih test tersebut, bagaimana cara ikutnya, dan berapa nilai perlu kamu dapatkan supaya lulus.

Pengertian Tentang Tes GRE

GRE atau kepanjangannya yaitu Graduate Records Examination merupakan salah satu tes untuk masuk ke sekolah pascasarjana dan bisnis, khususnya di Amerika Serikat. Jadi, bagi kamu telah lulus S1 di Indonesia, maka wajib banget buat ikutan tes Graduate Records Examination.

Awalnya mulai terlaksana pada tahun 1936 oleh Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching (CFAT) dan kabarnya sekarang berada di bawah administrasi Educational Testing Service (ETS).

Apa sih gunanya ujian itu. Jadi, Graduate Records Examination mengukur kualifikasi calon siswa dalam penalaran kuantitatif, penalaran verbal dan penulisan analitis. Kemudian, hasil ujian tersebut berlaku selama lima tahun.

Dapatkan Nilai Skor Baik Untuk Lulus Tes

Tes GRE merupakan ujian menggunakan komputer. Ketika peserta memulai ujian tersebut, maka kalian akan menemukan pertanyaan berkaitan dengan jurusan telah kamu pilih. Durasi ujian Graduate Records Examination yakni selama 3 jam 45 menit, dengan istirahat  dalam waktu 10 menit.

Karena pengujian Graduate Records Examination terdiri dari tiga bagian. Yakni penalaran verbal, penalaran kuantitatif, dan analytical writing. Maka, tiap sesi tersebut memiliki kriteria nilainya sendiri, seperti berikut ini:

  • Dalam ujian Penalaran Verbal, skor perlu kalian dapatkan berkisar antara 130-170 poin.
  • Lalu, pada bagian Penalaran Kuantitatif, kalian pun juga sama, harus mencapai rerata skor berkisar 130-170 poin.
  • Terakhir, untuk sesi Analytical Writing, peserta perlu hasilkan skor sekitar 4-6 poin.

Umumnya, tes tersebut berdasarkan jurusan kuliah kalian ambil sebelumnya. Dan memiliki beberapa soal diambil dari beberapa pelajaran, seperti literatur inggris, kimia, biologi, psikologi, fisika, dan matematika.

Bagaimana informasi kami berikan tentang tes GRE ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu semua mahasiswa ingin melanjutkan studi pasca sarjana keluar negeri.

Leave a comment

Your email address will not be published.