Categories
Rumah

Langkah Membuat Biopori untuk Mencegah banjir

Langkah Membuat Biopori untuk Mencegah banjir – H ujan kerap datang di awal tahun. Genangan air pun muncul dimana-mana. Tak hanya di jalanan kota, pekarangan rumah pun menjadi korban. Intensitas air hujan yang cukup tinggi, juga, kadang membuat taman rumah jadi becek. Untuk mengurangi genangan ini, membuat lubang resapan biopori bisa jadi solusi. Lubang silindris yang menembus tanah ini dapat mempercepat penyerapan air ke dalam tanah. Tak hanaya itu, biopori juga bisa menjadi sarana mengolah sampah organik jadi pupuk kompos. Cadangan air tanah juga terjaga karena air tak lansung mengalir ke selokan/riol kota. Untuk membuat biopori pun tak sulit.

Anda cukup menyediakan bor biopori, pipa PVC yang telah diberi lubang, dan penutup lubang sebagai pelindung. Kemudian tentukan lokasi lubang biopori yang akan dibuat. Agar resapan lebih optimal, buat alur air pada taman. Buat sebagian permukaan tanah lebih rendah dari sisi lainnya. Setelah semua persiapan dilakukan, saatnya membuat lubang dengan 5 langkah berikut ini.

• Buat lubang resapan biopori (LRB) di alur air yang disediakan dengan diameter 10-30 cm dan kedalaman 100 cm. Untuk mempermudah membuat lubang, siram tanah dengan air terlebih dahulu.

• Buat lubang biopori lainnya sesua alur air yang telah dibuat. Atur jarak antarlubang, 1 hingga 1,5 m.

• Setelah lubang terbentuk, pasang pipa PVC sebagai perkerasan agar sekeliling lubang tak mudah amblas. Anda juga bisa menggunakan menggunakan adonan semen yang dicetak di bibir lubang dengan ketinggian tak lebih dari 10 cm.

• Isi lubang biopori dengan mengunakan sampah organik setiap hari. Saat satu lubang penuh, isi lubang yang lain. Lakukan berurutan hingga semua lubang terisi.

• Agar lubang tak membahayakan orang yang melintas, Anda bisa menempatkan penutup sebagai pengamanan. Anda bisa menggunakan lubang dari kawat atau dop pipa yang dibuat berlubang sebagai penutup. Ada baiknya, penutup dibuat berlubang dan mudah dibuka agar air dan udara tetap bebas mengalir.

Itulah langkah untuk membuat biopori. Jangan lupa untuk menyediakan genset yogyakarta di rumah mu sebagai sumber listrik cadangan bila sewaktu waktu terjadi mati listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *