Mendidik Wirausaha, Membantu Mereka Tumbuh Besar

Sebuah email masuk dari Ahmad Munawir, pembaca iDEA di Magelang. Ia merespon artikel tentang gerakan Optimistic Entrepreneur (#OPEN) yang dimuat di iDEA edisi Januari 2014 lalu, sekaligus menanyakan bagaimana kriteria untuk dapat bergabung dalam gerakan ini. Ahmad semula adalah seorang PNS, dan dengan latar belakang pendidikannya sebagai sarjana teknik sipil, juga membuka jasa usaha desain dan kontraktor bangunan. Pada bulan Juli 2013 lalu, setelah mengabdi 5 tahun sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Dinas Kesehatan, dan karena bercita-cita untuk mengembangkan usahanya semakin besar, Ahmad memutuskan untuk fokus kepada bisnisnya, dan memutuskan berhenti menjadi abdi negara. Sebagai sebuah gerakan, #OPEN berusaha untuk menemukan sebanyakbanyaknya, sosok-sosok seperti Ahmad Munawir ini. Mereka yang menggeluti dunia kewirausahaan, dan berkeinginan untuk mengembangkan usahanya secara lebih besar. Gerakan ini akan bekerja pada 2 area. Pertama adalah PENDIDIKAN bagi wirausaha (Entrepreneur Education) dan PENDIDIKAN bagi ekosistemnya (Ecosystem Education).

Pada 2 area tersebut, akan ada pendidikan yang sifatnya tak langsung. Bentuknya berupa artikel-artikel yang relevan untuk mendorong para wirausaha memperkuat kapasitas dan kemampuannya, atau berupa kegiatan langsung seperti workshop, pelatihan, seminar, dan semacamnya, yang diberikan oleh pakar, praktisi, dan ahli yang relevan dengan kebutuhan si wirausaha. Sesuai dengan kompetensi dan kapasitas Majalah iDEA, kami akan mengangkat dan mengekspos kegiatankegiatan usaha yang berhubungan dengan dunia bangunan, aksesori, dan pernak-pernik penghias rumah, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kreativitas menata rumah. Misalnya pada rubrik ETALASE di sebelah kiri halaman ini. Kami mengangkat usaha aksesori jam untuk hiasan rumah yang terbuat dari kain flanel.

Dengan mengangkat profil mereka, kami berharap ada pihak lain yang tertarik, baik sebagai konsumen, distributor, praktisi, pakar, yang dapat membantu usaha ini dapat berkembang lebih besar. Setiap rubrik yang melibatkan kegiatan kewirausahaan ini, kami akan menandai dengan logo Yes We’re OPEN, sehingga pembaca dengan mudah dapat mengidentifikasi bahwa rubrik ini merupakan bagian dari gerakan Optimistic Entrepreneur. Sekaligus kami akan mendata pemiliknya untuk dapat kami libatkan dalam program yang relevan. Nah, jika Anda adalah wirausaha yang berhubungan dengan semua keperluan atau ide kreatif seputar rumah, ingin tergabung dalam gerakan ini, ingin berdiskusi, atau bertanya lebih jauh tentang #OPEN, silakan kontak saya di alois@gramedia-majalah.com atau Twitter di @wisnuhardana. Saya tunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *