Manakah Susu Yang Terbaik

sat-jakarta.com – Begitu banyak produk susu yang ada di pa- saran, tentu Mama Papa bertanya susu mana yang terbaik untuk si kecil? Apakah yang harganya paling mahal atau yang paling terkenal dan laris di pasaran? Menurut ahli gizi dari Politeknik Kesehatan Jakarta II yaitu, Sa’diah Multi Karina MKes, , ketika memilih produk susu yang diperuntukan anak, hal paling utama harus diperhatikan ialah keamanan dan kualitasnya.

Baca juga : kursus IELTS terbaik di jakarta

Hal ini bisa dilihat dari keterangan, bahwa produsennya sudah menerapkan praktik produksi pa ngan yang baik atau Good Manufacturing Practices (GMP). Susu yang diolah dengan GMP berarti diawasi secara ketat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh badan-badan otoritas. “Termasuk dalam hal ini, merek susu tersebut ada dalam daftar susu yang aman untuk dikonsumsi berdasarkan hasil uji secara rutin yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan tidak mengan dung bakteri Enterobacter sakazakii,” paparnya.

Selain itu, tentu pilihan susu perlu disesuaikan dengan kondisi buah hati. Jika keluarga ada yang memiliki riwayat alergi, bisa saja anak memiliki bakat alergi pada susu. Gejala yang dapat diamati adalah sehabis minum susu, si kecil menga lami satu atau lebih gangguan berikut: gangguan saluran pencernaan (sakit perut, mencret, diare), gangguan pada organ tubuh lain (gatalgatal, eksim) atau mengalami gangguan perilaku (jadi rewel).

Bila ada gejala-gejala ini, Mama bisa berkonsultasi pada dokter untuk merekomendasikan produk susu yang sesuai dengan kondisi anak. Bagaimana dengan intoleransi laktosa? Gangguan ini berbeda dari alergi susu. Intoleransi laktosa merupakan kondisi ketidakmampuan mencerna laktosa, yaitu gula yang memang terdapat secara alami pada susu.

Penyebabnya, jumlah enzim pencernaan yang tidak mencukupi untuk dapat mengolah laktosa susu. Sedangkan, alergi susu melibatkan reaksi kekebalan tubuh yang menganggap protein susu sebagai musuh. Untuk anak intoleransi laktosa, dokter biasanya menyarankan susu rendah atau bebas laktosa. Se dangkan untuk anak yang alergi susu sapi, kebutuhan minum susu bisa dipenuhi dengan mengonsumsi susu berbahan isolat protein kedelai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *