Pilih Susu Sesuai Usia

Pada umumnya susu yang dijual di pasaran kurang lebih mempunyai kandung an gizi yang sama. Hal ini disebabkan semua produk susu yang telah beredar secara resmi harus memiliki standar Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk jumlah kalori, mineral dan vitamin yang lengkap juga seimbang, serta sesuai dengan usia.

Di atas usia 2 tahun, susu dapat diberikan sebagai tambah an menu harian. Biasanya, susu dianjurkan diberikan sebanyak dua gelas, antara 400—500 ml, setiap hari. Berhubung perut anak-anak memiliki kapasitas yang kecil, maka susu jangan diberikan lebih dari jumlah tersebut. Bukan karena susu jadi tidak baik, tetapi harus diingat bahwa anak perlu mengonsumsi makanan lain yang mereka butuhkan untuk mememnuhi angka kebutuhan gizi hariannya.

Anak-anak yang tidak mau makan dan terbiasa kenyang oleh susu lama-kelamaan bisa mengalami ketidakseimbangan, bahkan kekurangan zat gizi tertentu. Sebagai pegangan, pada usia 3 sampai 12 tahun, anak memerlukan susu tinggi lemak atau juga dikenal dengan susu full cream. Selain untuk pembentukan otak, lemak ini diperlukan sebagai cadangan energi. Di usia remaja, anak bisa melanjutkan kebiasaan baik untuk minum susu akan tetapi memilih produk yang rendah lemak atau dikenal juga susu skim. Namun, selama berat badan dan kesehatan terjaga, tidak mengapa, kok, remaja atau orang dewasa mimum susu full cream. Jangan lupa, cermati kan dungan gula yang sering kali terabaikan padahal harus dibatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *