Posisi dapur, kompor, dan meja kasir

Stoica.idCatering Sehat Jakarta. Ketiga posisi ini juga tak kalah penting. Dapur untuk restoran yang menghasilkan masakan tidak boleh ditaruh di bagian utara restoran karena berelemen air. Buatlah dapur di posisi timur, selatan, atau barat. Sedangkan kompor juga sebaiknya tidak ditaruh di bagian utara dapur, melainkan di sebelah timur atau selatan yang kuat elemen api serta kayu. Saat merancang posisi kompor, perhatikan juga posisi keran air atau bak cuci piring (sink), termasuk kulkas, dan dispenser.

Posisi yang berkaitan dengan air sebaiknya tidak bersebelahan atau berhadapan dengan kompor. Hindari desain satu garis antara kompor dan sink, kulkas, dan dispenser. “Posisi terbaik sink sebaiknya menyerong dengan kompor. Atau berbetuk huruf L,” tegasnya. Begitu juga meletakkan rice cooker yang termasuk kategori api atau sejenis dengan kompor. Rice cooker dan kompor bisa berdampingan, namun tidak boleh sejajar dengan kulkas, keran air, maupun dispenser.

Posisi meja kasir juga menentukan kelancaran sebuah bisnis jika dilihat dari segi fengshui. Meja kasir yang identik dengan uang memiliki unsur elemen kayu. Sebaiknya, meja kasir menghadap ke selatan atau berada di utara. Posisi utara ini memperkuat sektor air yang menstimulasi unsur kayu, dalam hal ini uang. Untuk usaha minuman, posisi juicer atau alat pengolah minuman sebaiknya diletakkan di sebelah barat menghadap ke timur. Sementara posisi kulkas, chiller, dan yang lainnya bebas. Meja kasir dalam usaha minuman sebaiknya berada di sebelah utara menghadap ke selatan.

Warna Merek dan Logo

Setiap elemen, menurut, Indra memiliki lambang warna sebagai berikut: • Kuning – logam (bagus untuk usaha otomotif seperti showroom mobil) • Merah – api (bagus untuk restoran, kantin, catering) • Biru – air (bagus usaha minuman dan bengkel) • Hitam – air (bagus untuk usaha salon) • Hijau – kayu (bagus untuk usaha bakery, cake) • Cokelat – tanah (bagus untuk usaha properti) Tak dapat dipungkiri, merek dan logo merupakan identitas usaha yang tak boleh dilupakan sebelum memulai usaha makanan. Warna merah adalah warna yang harus dominan dalam pembuatan merek makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *